boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Cinta Indonesia, Bukan Hanya Dalam Kata…

1 Comment

Image result for harian indonesia raya

Siapakah orang yang disebut sebagai cinta Indonesia, bangsa, bahasa dan tanah airnya. Dahulu pada tahun 1928 pernyataan cinta NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dicetuskan oleh para pemuda, beragam suku dan bahasa mereka. Pernyataan itu yang semula dari letupan ide yang kemudian dinyataakan dalam sikap (politik) bersama untuk identitas bangsa ini.

Pernyataan para pemuda itu lalu diperkuat lagi dengan deklarasi kemerdekaan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada tahun 1945 (17 Agustus) secara de fakto dan tahun 1949 secara de jure ketika penjajah mengakui bahwa Indonesia menjadi negara berdaulat. (MC Riclefs)

Itulah catatan sejarah.

Lalu dimanakah orang-orang yang mengaku cinta Indonesia dan kebhinekaan ketika itu berada dan bersikap terhadap cengkraman kekuasaan kaum penjajah barat? Siapa sajakah mereka yang telah berjuang? Apa orientasi hati dan pikiran mereka, membela penjajah atau menolaknya?

Mereka ada yang berjuang angkat senjata juga dengan diplomasi. Mereka melawan dengan pena, seperti wartawan dan penulis. Juga ada melalui pendidikan (mandiri). Dan bermacam-macam tapi tentu tujuannya sama, merdeka dan berdaulat!

Saat ini, mereka yang berjuang telah lama wafat, dan tinggal keturunan ke sekian dari para pahlawan itu. Anak biologis para pendahulu belum tentu mewarisi ideologi para pejuang itu, tapi justru malah mengkhianatinya. Lalu jika saat ini ada banyak orang yang mengkalim diri menyintai Indonesia dan kebhinekaan, apakah benar begitu? Bergantung kata atau ucapan, perilaku dan hasilnya apa.

Jika penguasa berjanji, menebar janji tapi penerapan janji itu berlainan, tidak ditepati (ingkar janji) dan bahkan melenceng dari konstitusi negara ini–untuk keadilan dan kesejahteraan–apakah mereka masih dapat disebut sebagai cintai Indonesia (NKRI)? Termasuk individu dan kelompok? Apalagi jika mereka hanya mencari peluang untuk memburu materi termasuk kekuasaan –di belakang layar– bisa dikatakan menyintai Indonesia?

Kita tahu jenis manusia apa kita atau mereka bergantung pada track record dan kelanjutan dari itu (konsistensi)…

Nusantara, 23-1-2017

warga

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

One thought on “Cinta Indonesia, Bukan Hanya Dalam Kata…

  1. thank you, telah berkunjung ke laman ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s