boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

berpolitik tanpa basis ideologi

Leave a comment

Jika kita melihat sejarah sejenak betapa para politisi zaman Bung Karno konsisten dengan basis ideologi yang mereka pegang. Dengan basis itu mereka tak gampang untuk loncat ke partai yang basis ideologinya berbeda atau sangat kontras. Dengan konsistensi itu perjuangan mereka jelas terbaca.

Namun di zaman Orde Baru pragmatisme politik begitu kental. Asal tujuan jangka pendek tercapai tak masalah politisi loncat sana loncat sini, atau istilah orang menyebut “kutu loncat”. Tentu, tak ada aturan tertulis harus konsisten dalam ideologi.

Tapi melihat kondisi seperti itu perjuangan politik menjadi tidak jelas arahnya. Sebab, gampang berubah sesuai arah angin. Penomena itu bukan hanya terjadi di tingkat daerah bahkan pada level nasional pun terjadi.

Apakah politik angin anginan itu menguntungkan rakyat? Saya cenderung berpendapat bahwa model perilaku politik yang tak konsisten semacam itu merugikan rakyat, sebab labil, mudah terbeli dan tentu saja bisa berubah-ubah seperti bermain-main dalam berpolitik.

Padahal beban bangsa ini begitu berat, setelah zaman Bung Karno berhasil membangun demokrasi dengan Pemilu 1955 lalu dibelokkan menjadi “Demokrasi Terpimpin”, yang disebut contradictio in terminis. Tapi Bung Karno masih memiliki wibawa di mata asing dan kita sebagai tuan dengan proses menjadi. Lalu muncul istilah “Demokrasi Pancasila” yang tak bukan hanyalah kamuflase otoritarianisme di zaman Orde Baru. Yang juga menjual nasib nagsa ini ke tangan asing dan kini ditambah ke tangan aseng.

Lengkaplah beban berat itu. Apakah nasib bangsa Indonesia seperempat atau setengah abad ke depan akan dipermainkan oleh para politisi dan para penguasa semacam itu? ….

Nusantara, 28 Juli 2016

warga

Sumber: Asvi W Adam, Ricklefs, Eef S Fatah, dll

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s