boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

matinya demokrasi di dunia? (the end of democracy in the world?)

Leave a comment

Hasil gambar untuk matinya demokrasi

Jika melihat demokrasi dalam konsep sepertinya adalah pilihan yang baik untuk membangun masyarakat yang terbuka, setara dan sejahtera. Beberapa ideologi yang lain yang lahirnya sama dari rahim Barat telah bertumbangan, paling tidak ketika dipraktekkan dalam bernegara, seperti Uni Soviet.

Era perang dingin telah berlalu.Demokrasi semakin berkembang dan dikibarkan, walau arah demokrasi dikontraol oleh Sang Adikuasa Amerika cs. Termasuk paguyuban pendukungnya, PBB (perserikatan bangsa) yang memberi stempel.

Banyak negara yang mendukung kepentingan Amerika cs demokrasinya tak diganggu, atau apapun sistem politik yang dijalankan negara selama menjadi pengikut AS akan dijamin aman. Tapi ternyata beberapa negara yang menjalankan demokrasi tak cukup dan perlu ditambah kesetiaan kepada Adikuasa Amerika, jika tak ingin demokrasinya dilenyapkan diganti dengan ‘penguasa boneka’.

Lihatlah beberapa negara yang menerapkan demokrasi, yang jelas-jelas rakyat memilih pemimpinnya melalui pemilihan umum, telah diintervensi dan bahkan ditumbangkan dengan kudeta. Sebut saja contoh beberapa, mulai Afrika Utara, termasuk Mesir dan terakhir Turki (kudeta gagal). Mereka dikudeta sebab tak sesuai dengan kepentingan negara jagoan demokrasi.

Jika begitu ceritanya jadi demokrasi itu apa artinya? Bukankah demokrasi masih berasal dari demos dan cratos, yang berarti pemerintahan rakyat?

nusantara, 18 juli 2016

warga

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s