boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Kereta Api Cepat Made in Cina, Dibangun di Jawa

Leave a comment

Dari berbagai media diberitakan pemerintah sekarang ingin mempercepat pembangunan infrastruktur negeri ini. Dari banyak rencana, salah satunya kereta cepat Jakarta-Bandung. Semula dari Jepang dan bahkan sudah mengadakan kajianm tapi akhirnya batal, Jepang marah kepada pemerintah Indonesia atas ulahnya membatalkan sepihak. Lalu masuk Cina. Cina diterima karena sesuai dengan kemauan pemerintah RI, yakni B to B, walau dari segi teknologi mungkin berbeda.

Persoalan percepatan pembangunan tentu semua orang Indonesia sepakat. Tapi mengapa kereta api cepat yang mahal yang dibangun di jalur Jakarta-Bandung. Persoalan kedua kota itu adalah kemacetan kendaraan, yang hingga kini belum terurai. Belum lagi soal alih teknologi. Alih teknologi adalah omong kosong! Mungkinkah sebuah negara mau memberikan rahasi negaranya ke negara lain? Soal pengetahun teknologi atau ilmu harus dicari sendiri melalui belajar atau ‘mencuri ilmu’. Itu dari dulu seperti itu.

Banyak yang mempertanyakan mengapa Cina? Dan apakah kereta cepat termasuk prioritas? Dan mengapa di pulau Jawa lagi. Jalur Jakarta-Bandung sudah memiliki akses tol Cipularang, jalur kereta api dan jalur Puncak Bogor. Sementara diluar pulau Jawa sangat membutuhkan akses jalan yang memadai. Misal di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan sebagainya. Anak sekolah harus menempuh jarak berkilo meter menuju sekolah, jembatan belum ada, jalan darat terbatas, dan banyak lagi infrastruktur belum tersedia.

Hasil gambar untuk kereta cepat jakarta-bandung china

Jika tak laku kereta cepat maka akan menjadi beban pemerintah dan menjadi beban rakyat juga sebagai pembayar pajak.

Biaya proyek kereta api cepat ini sekitar rp. 74 triliun. Dikatakan b to b, tak ada jaminan pemerintah RI, tapi belakangan Cina minta jaminan pemerintah RI, jadi mana yang benar? Kontoversi itu mengindikasikan bahwa proyek kereta api cepat dibuat asal-asalan dan tak memperhatikan banyak faktor!

Banyak hal lain terkait dengan proyek kereta cepat, seperti lingkungan, sosial, geologis dan sebagainya.

Apakah dengan adanya kereta api cepat Jakarta-Bandung rakyat Indonesia diuntungkan, khususnya Jawa Barat yang dilalui jalur rel kereta api? Mana nawacita, tol laut maritim dan janji-janji dulu?

Betapa manis janjimu tapi pahit bagi rakyat….

Nusantara 28-1-2016

dari berbagai sumber

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s