boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

terorisme = kriminal

Leave a comment

Apa arti terorisme? Adalah suatu aksi untuk mengancam dan menimbulkan pada kelompok atau masyarakat yang berkaitan dengan suatu ideologi. Jika dilihat secara bahasa sebenarnya mudah dimengerti, tapi jika kata itu sudah bercampur ideologi dan politik maka akan lain dan semakin rumit.

Teroris sebenarnya adalah kriminal, tapi mereka mengklaim dengan legitimasi agama, maka media sering menyebut teroris dengan lebel agama tertentu, yang akhirnya menjadi stigma. Stigma ini terus berlangsung selama media terus menyiarkannya.

Noam Comsky, mengkritik cara media memberitakan teroris. Ia mengatakan teroris ada dua macam. Jika kelompok kecil melakukan kekerasan bersenjata maka akan dicap sebagai teroris dengan dilekatkan agama pelakunya, jika pelakunya agama tertentu. Dan jika kekerasan dilakukan oleh negara (AS misal) maka media tak menyebut sebagai teroris, walau apa yang dilakukan sama dan bahkan lebih dahsyat kerusakannya. Sebab, aksinya ditutupi dengan dalih, memiliki nuklir/ senjata kimia yang mengancam dunia. Tapi, jika yang memiliki nuklir itu sekutu negara itu maka tak akan disebut teroris.

Teroris sebenarnya kriminal juga, hanya pelakunya biasanya memakai simbol agama atau idologi tertentu. Tapi kriminal biasanya hanya memiliki motif untuk menguasai benda atau menghilangkan nyawa orang, tanpa ideologi.

Tapi kasus teroris seringkali terkait politik, yang mengandung unsur rekayasa, yang terkait dengan politik global. Dalam politik global yang hegemonik adalah Amerika dan sekutunya. Termasuk pemberitaannya.

Terorisme sejatinya suatu aksi yang bukan keluar dari ajaran agama. Aksi itu muncul dari nafsu manusia yang ingin mengancam masyarakat untuk suatu tujuan tertentu. Mengapa ada aksi dan akibatnya sama, tapi tidak disebut teroris dalam pemberitaan? Ternyata dan terkadang bergantung dari sudut mana dan misi apa dalam melihatnya.

nusantara, 21-1-2016

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s