boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Siapa Pahlawan itu (Who is the hero)?

Leave a comment

Bung Tomo

Siapa pahlawan itu? Biasanya para sejarawan akan merujuk kepada tokoh yang memiliki rekam jejak (trackrecord) yang baik. Jika ada cacat atau kekurangan dari sang tokoh biasanya hal yang tidak mengurangi kepahlawanannya, terlibat tindak kriminal misalnya.

Dalam sejarahnya bangsa Indonesia memiliki banyak pahlawan. Mereka berjuang dalam berbagai bidang kehidupan, semenjak zaman penjajahan hingga hari ini. Raja-raja dulu yang menolak menyerah kepada kolonial Belanda, para pejuang kemerdekaan Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo, Syekh Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlan, Jend. Sudirman dan banyak lagi. Mereka pantas mendapat predikat pahlwan karena fakta sejarah membuktikan bahwa mereka berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia! Berjuang tidak hanya dalam bentuk fisik, namun mereka yang berdiplomasi untuk kemerdekaan. Merdeka secara fisik dan merdeka dalam berekspresi dan berpikir.

Namun bagaimana mereka yang justru diam dan malah bergabung dengan penjajah Belanda untuk menikmati kesenangan dan cukup menjadi kacung, inlander atau budak? Walau secara fisik tidak tergabung dengan kolonial Belanda atau asing tapi hati dan pikirannya mendukung Belanda, bagaimana? Dapatkah mereka disebut sebagai pahlawan?

Atau pribumi yang ketika berkuasa mengintimidasi dan membunuhi rakyatnya sendiri, pantaskah disebut pahlawan? Rentetan pelanggaran kemanusiaan dapat diurut dan dirunut. Jika orang semacam ini dijadikan pahlwan akan menjadi beban berat bagi bangsa ini dan generasi mendatang.

Mereka yang memiliki kesadaran sejarah akan menolak dengan keras! Sebab, kekurangan (kerusakannya) melebihi nilai kebaikan dan kontribusi kepada bangsa ini! Mungkin secara pribadi dapar dimaafkan oleh rakyat, tapi sebagai penguasa yang banyak menimbulkan ketakutan dan korban jiwa?

Jadi, siapa yang layak disebut sebagai pahlawan? Bukan orang besar yang kelihatan besar dan bukan orang kecil yang kelihatan kecil, tapi mereka yang memiliki kontribusi pada bangsa ini dan bukan membuat bangsa ini bangsa kuli, baik itu kuli di zaman penjajahan dahulu maupun kuli modern di zaman neokolonialisme saat ini!

Nusantara, 10-11-2015

sumber: buku-buku sejarah dan koran

mengenang para pahlawan

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s