boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Mengatur Bagaimana Masyarakat Bertutur (Bahasa)

Leave a comment

Mengatur bagaimana masyarakat harus berbahasa yang baik (sekaligus benar) tidaklah mudah, tapi mungkin! Ini menyangkut politik berbahasa atau mengatur bahasa. Di zaman dahulu sebelum reformasi, bahasa masyarakat diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan hati sang penguasa. Namun, mereka sendiri tak menaati bagaimana bertutur yang baik dan sekaligus benar.

Bahasa yang mereka gunakan monoton, berulang-ulang, dan secara substansial sulit diterima akal sehat, sebab mengandung ketidakwajaran (ketidakbenaran). Banyak contohnya. Jika seseorang atau sekelompok berdemo menyuarakan ketidakadilan. Maka dengan sigap aparat polisi (atau intel mengintip) akan mengamankan mereka. Sebetulnya bukan di-‘amankan’ tapi ditangkap. Ya itu eupimisme untuk ketertiban.

Saat ini bahasa masyarakat akan dan sedang diatur, bagaimana berbahasa dengan baik (terutama di ruang publik). Tapi yang disebut ‘ruang publik’ apa dan bagaimana? Okelah di taman, di jalan, atau tempat terbuka sebagai ruang publik, tapi di ‘dunia maya’ apakah itu termasuk ruang publik? Wah, jadi ruwet kan membahasakannya dan apa lagi bahasa hukum harus tegas dan hitam putih!

Intinya, masyarakat dilarang berucap, menulis atau menampilkan sesuatu yang mengandung ‘kebencian’. Lalu ada yang bertanya, apakah jika melayangkan kritik berarti benci? Menampilkan satire termasuk benci? Atau yang sejanisnya. Dimana dan kemana lagi masyarakat harus menyuarakan isi hati dan pikiran ketika kebijakan tidak adil? Ada politisi bertanya, apakah penguasa tahu jika para pengikutnya menggunakan bahasa yang sadis di mesia sosial?

Sementara media hanya memoles ketidakwajaran menjadi sesuatu yang wajar!!

Nusantara, 5-11-2015

warga

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s