boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Bela Negara (defending the country)

Leave a comment

Image result for senjata militer indonesia

Membaca tentang berita Bela Negara di media massa konsepnya masih simpang siur atau belum jelas atau  mungkin sudah ada tapi belum diketahui masyarakat secara umum.  Paling tidak dari pemberitaan, berkaitan dengan itu programnya seperti pelatihan militer walau agak diperlonggar. Namun dari negara Indonesia ini apa yang mesti dibela ketika dunia menuju keterbukaan? Negara Indonesia ini melalui pejabatnya banyak melakukan MOU (perjanjian) banyak hal, perdagangan bebas ASEAN, dunua dan lainnya. Jadi apa yang mesti dibela?

Perang sekarang walau dibeberapa tempat masih terjadi, terutama di kawasan Arab akibat invasi Amerika cs. telah bergeser, dari perang militer, ke perang ekonomi (perdagangan), cyber, budaya dan sebagainya. Jika hal itu semua menyerbu ke negara Indonesia dan telah terjadi bagaimana menangkalnya, apakah bisa dengan pasukan Bela Negara dengan senjata api atau bambu runcing? Tentu membelanya dengan kekuatan yang sama, ekonomi, syber, budaya dsb.

Image result for cyber

Lalu bagaimana pasukan itu akan membela negara ketika kekayaan alam dikuras dan dirampok korporasi asing, semisal Freeport, Exxon, Chevron, Newmont, dan banyak lagi selama bertahun-tahun? Konon, akan diperpanjang lagi, menurut pejabat inlander! Rakyat belum mendapat kepastian jawaban dari pemerintah saat ini!

Akibat kejahatan luar biasa korporasi asing itu rakyat Indonesia menjadi miskin, sekolah-sekolah ambruk, jembatan rusak, jalan rusak dan belum tersedia, dan sekian masalah lagi.

Jadi apakah membela negara dengan cara lama dan sederhana? Padahal sudah lama negara ini diintervensi kepentingan asing, kebijakan dan undang-undang sering menyengsarakan rakyat dan di sisi lain menguntungkan pihak asing! Para pejabat lebih nyaman mengambil kebijakan yang menekan rakyat daripada bagaimana mengenyahkan atau memutus kontrak korporasi asing yang melakukan kejahatan dan melanggar konstitusi! Sebagai perbandingan, di negara lain, justru rakyatnya yang dibela dan bangsa pendatang yang dipersulit. Tapi di negara ini terbalik, rakyat sendiri yang ditekan, dimarjinalkan dan diintimidasi!!

Bela negara, belalah kepentingan rakyat Indonesia untuk dapat kesehatan layak, pendidikan dan kesejahteraan!!

Nusantara, 2-10-2015

wong ngindonesia

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s