boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Indonesia, the State of Mafioso

2 Comments

What is mafia? “a crime syndicate in the United States; organized in families; believed to have important relations to the Sicilian Mafia”. Mafia adalah perkumpulan rahasia yg bergerak di bidang kejahatan (kriminal). Kita lihat di Wiki, apa itu mafia dan asal usulnya.

“Mafia, juga dirujuk sebagai La Cosa Nostra (bahasa Italia: Hal Kami), adalah panggilan kolektif untuk beberapa organisasi rahasia di Sisilia dan Amerika Serikat. Mafia awalnya merupakan nama sebuah konfederasi yang orang-orang di Sisilia masuki pada Abad Pertengahan untuk tujuan perlindungan dan penegakan hukum sendiri (main hakim). Konfederasi ini kemudian mulai melakukan kejahatan terorganisir.

Anggota Mafia disebut “mafioso“, yang berarti “pria terhormat“.

Mafia melebarkan sayap ke Amerika Serikat melalui imigrasi pada abad ke-20.

Kekuatan Mafia mencapai puncaknya di AS pada pertengahan abad ke-20, hingga rentetan penyelidikan FBI pada tahun 1970-an dan 1980-an agak mengurangi pengaruh mereka. Meski kejatuhannya tersebut, Mafia dan reputasinya telah tertanam di budaya populer Amerika, difilmkan di televisi dan bahkan iklan-iklan.

Istilah “mafia” kini telah melebar hingga dapat merujuk kepada kelompok besar apapun yang melakukan kejahatan terorganisir (bandingkan dengan Mafia Rusia, Yakuza di Jepang), dan Triad di China.”

Di negeri ini mafia bisa terdiri dari pejabat negara, kapitalis asing Barat dan Timur (Cina). Meraka ‘bermain’ dalam banyak lahan, diantaranya minyak, gas (migas), hukum, keuangan, politik, perdagangan termasuk media.

Sejak kapan mereka bermain dan menjadi mafia. Untuk mencari tepatnya sulit. Tapi jika melihat karakter penguasa dan track record-nya maka akan terlihat. Mafia itu berkembang subur pasca kejatuhan Bung Karno. Bung Karno itu seorang cerdas, berani dan terdidik yang menonjolkan rasionalitas. Setelah kekuasaan Bung Karno rontok oleh kekuatan, yang sampai saat ini masih samar ditulis dalam sejarah bangsa ini. Semestinya apa yang diletakkan semasa Bung Karno disempurnakan tapi malah dirusak dan diporakporandakan. Bagaimana sekarang menegakkannya? Jika bisa masih butuh waktu lama.

Jika ditelusuri siapa mafia yang bermain di minyak dan gas? Ya pejabat sendiri, bekerja sama dengan asing dan aseng.  Begitupun di bidang-bidang lain. Antara satu dengan lainnya saling berkaitan dan menopang sehingga sulit dibersihkan.

Adakah pejabat yang lurus? Ada tapi biasanya tak memiliki peran strategis dalam pengambilan keputusan.

Nusantara, 4-6-2015

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

2 thoughts on “Indonesia, the State of Mafioso

  1. ya, ada mafia di mana mana!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s