boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Jual Beli Ijazah, Untuk Mendapat Gelar

Leave a comment

Ketika sebuah buku diterbitkan di Barat, katakanlah Eropa atau Amerika, pada sampulnya cukup ditulis nama pengarangnya, tapi identitas lengkap penulis ditulis di bagian lain, biasanya di belakang, sarjana di bidang apa. Contoh Edward W Said, Annemarie Schimmel, John L Esposito, Noam Comsky dst. Juga ilmuwan di kawasan Arab klasik, Al-Ghazali, Ibnu Rusydi (Averroes), Ibnu Khaldun, dan seterusnya. Buku dilihat dari isinya dan bukan hanya sampul yang menarik. Tapi di negeri ini banyak buku diterbitkan dengan embel-embel gelar dan begitu juga pada papan nama.

Bukankah gelar-gelar itu hanya untuk kebutuhan administrasi?

Dengan persepsi bahwa gelar adalah segalanya maka orang bergelar pasti terhormat, tapi untuk mendapatkannya dengan jalan menipu. Gelar itu didapat karena telah menempuh pendidikan. Inilah proses yang harus dilalui. Namun, orang pendek akal untuk meraihnya dengan membeli gelar. Padahal ada konsekwensi ketika seseorang meraih gelar akademik, yakni ia telah mumpuni dalam bidang ilmu  yang digelutinya.Banyak orang dulu memiliki ilmu ensiklopedis dan spesialis tanpa gelar. Tapi dilihat dari hasil karyanya dan apa yang diucapkannya orang akan tahu, siapa dia.

Jika diuji seorang bergelar itu akan menjawabnya. Tapi orang yang yang mendapatkannya secara instan, bisakah ia mempertangungjawabkannya? Rasanya sulit.

Gelar akademik adalah gelar yang mestinya diraih dengan kejujuran, sebab di dunia itulah kebenaran dan kejujuran dipupuk dan diuji. Sudah jelas mendapatkan gelar akademik tanpa menempuh pendidikan adalah suatu penipuan dan itu adalah melanggar hukum.

Memang, di negeri ini, sudah lama ilmuwan tak banyak dihargai, bukti-bukti bisa dibentangkan panjang lebar.

Nusantara, 25-5-2015

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s