boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Negara Absurd (Absurd State)

1 Comment

 
Mungkin judulnya terlalu gelap. Tapi, ya itulah kenyataan banyak kebijakan yang sedang berlaku di negara ini.
Dirunut dari awal. Ketika negara ini masih berproses menjadi sebuah negara akibat perang, Perang Dunia II (World War 2nd), negara ini dibajak oleh kekuatan militer yang dibantu asing. Lalu doktrin-doktrin kebohongan dan palsu ditanamkan sehingga sulit untuk dibongkar dari ranah pikiran. Hingga kini persoalan masa lalu (sejarah) bangsa ini masih samar, dalam arti tidak ada buku resmi yang distempel negara. Yang ada baru tulisan-tulisan tersebar dari beberapa sejarawan Indonesia.
Dalam ekonomi, atau politik ekonomi. Selama bertahun-tahun ekonomi negara ini bertumpu pada acuan yang menurut para ekonom masuk akal dan rasional, namun rakyat secara nyata merasakan lain. Rakyat hidup dalam kekurangan dan kemiskinan! Jadi mengukur tingkat kemakmuran itu adalah ukurannya kehidupan rakyat sendiri berdasarkan kenyataan (fakta sosial) dan bukan asumsi dan apalagi asumsi ekonomi makro dari para ekonom, yang mengusung ekonomi liberal dan neoliberal. Yang acuannya biasanya WB atau IMF.
Adakah negara yang mengikuti saran dan kebijakan IMF menjadi negara sejahtera? Yang terjadi adalah menjadi negara bangkrut! Contoh Malaysia di bawah Dr. Mahatir Muhammad yang menolak saran dan tidak mengikuti IMF negaranya bukan malah terperosok krisi dan bangrut, tapi justru ekonominya menjadi sehat dan normal. Jelas, tujuan IMF bukan untuk memakmurkan negara-negara (berkembang) tapi untuk mencengkram, memeras dan membangrutkannya! Hanya ekonom dungulah yang mau mengikuti sarannya untuk memiskinkan masyarakat secara sistematis!
Juga banyak negara Latin di selatan yang menjauh dan mengenyahkan lembaga penghisap negara-negara berkembang itu!
Para ekonom Indonesia hendaknya belajar kepada Prof. M Yunus yang mau berpikir bagaimana rakyat banyak, yang tak memiliki akses ke perbankan karena sistem, terbantu dengan modal usaha. Ketika idenya diterapkan yang terjadi adalah mereka rajin menyetor kewajiban mereka untuk membayar angsuran dan tak sesuai dengan perkiraan pihak bank. Inilah ekonom yang dengan bijak menerapkan ilmunya untuk membantu orang banyak dan bukan memperkaya segelintir orang tapi di sisi lain mematikan rakyat banyak! (Idenya diapresiasi Stheven Covey)
Belum lagi bidang-bidang lain, politik, sosial dan budaya. Satu dengan yang lainnya tumapang tindih dan saling bertentangan.
Absurditas itu terus dipertahankan untuk mempermainkan harapan rakyat akan kemandirian dan kemakmuran!

Nusantara, 11-12-2014

anak bangsa

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

One thought on “Negara Absurd (Absurd State)

  1. only soliloque
    reflection from my mind… what can i do, thank you all…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s