boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Pedagang Sayur dan Kesenjangan Ekonomi

Leave a comment

 
    Suatu ketika pedagang sayur keliling berkata dan sekaligus bertanya, “saya sudah lama berjualan sayur tapi mengapa belum juga berubah dari dulu gini-gini saja?” Mungkin pertanyaan semacam itu akan ditanyakan juga oleh petani, nelayan dan lainnya.
 
     Selama ini tak ada keberpihakan pemerintah terhadap ekonomi rakyat. Banyak kebijakan hanya menguntungkan sebagian kecil masyarakat, hanya mereka yang memiliki modal dan akses kepada kekuasaan. Hal ini terlihat dari para ekonom yang selalu melihat dan menekankan pertumbuhan ekonomi secara makro.
 
     Padahal problem ekonomi bangsa ini adalah belum adanya kemandirian dan kedaulatan ekonomi. Hampir semua bergantung kepada asing, terutama pembiayaan pembangunan melalui hutang luar negeri. Melalui pinjaman asing itulah negara ini diintervensi kebijakan-kebijakannya yang menguntungkan mereka, dan sementara rakyat tak mendapatkan apa-apa. Kekayaan alam dikuras habis. Sementara penduduk negara ini hanya dijadikan pasar. Untuk tingkat Asia Tenggara saja negara ini banyak yang tertinggal, jika mau dibandingkan. Hal ini bergantung kepada siapa leader-nya.
 
     Jauh ketika bangsa ini terlahir para pendiri bangsa (founding fathers) telah menuliskannya dalam Pancasila, “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”! Keadilan ekonomi inilah yang belum terrealisasi di negeri Indonesia ini. Yang kaya dan menikmati kemudahan ekonomi hanya sekelompok kecil orang.
 

     Keadilan ekonomi masih menjadi angan-angan dan mimpi!

 
     Siapa yang mau menjadi pemimpin Indonesia sebaiknya ingat bahwa bangsa ini terlahir melalui perjuangan yang panjang, memakan korban, baik fisik maupun psikologis. Oleh penjajah Belanda dan sejenisnya mereka yang berjuang untuk merdeka dipenjara, disiksa, dibunuh dan hidupnya dihinakan (dijadikan budak), apakah para elit tak menyadari dan memahaminya? Jika tidak memahaminya berarti mereka telah tercerabut dari akar sejarah dan budaya bangsa ini!!
 
Indonesia, 23-11-2014
 Anak negeri
Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s