boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

100 Penghargaan untuk SBY dari Luar Negeri, untuk Apa?

Leave a comment

Hasil gambar untuk sby dapat penghargaan pbb

Setumpuk penghargaan dari luar negeri atau negara-negara industri tau lembaga apapun, jika rakyat tak merasakan hidup memiliki harga diri dan sejahtera, untuk apa?

Pengharaan itu hanya terlihat mentereng di media, namun kenyataan sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di dalam negeri tetaplah real masyarakat yang merasakannya. Penghargaan yang terpenting adalah dari masyarakatnya sendiri yang dipimpin dan bukan orang luar yang memandang dari kejauhan dan apalagi jika penghargaan itu ‘hanya sebagai umpan atau ada udang di balik batu’!

Faktor kerelaan dan keikhlasan inilah yang biasanya minus dalam setiap pemberian penghargaan, terutama yang berkaitan dengan politik luar negeri.

Dari catatan sejarah Indonesia, siapa tokoh yang diberi pengharaan oleh negara atau lembaga tertentu di luar negeri, biasanya yang menjadi perusak masa depan bangsa. Namun, sering orang yang justru dicintai rakyatnya tak dianggap dan banyak dibenci di luar negeri, terutama negara-negara industri yang memilki kepentingan terhadap eksploitasi sumber daya alam atau manusia sebagai pasar.

Jadi, untuk apa penghargaan setumpuk di pundak SBY jika rakyat tak merasakan apa-apa! Terakhir 2014 PBB memberikan kepadanya penghargaan pelestarian lingkungan hidup. Betulkah penghargaan itu? Bukankah telah terjadi kerusakan alam sejak lama, mulai dari Papua sampai Sumatra, baik itu di pegunungan, hutan, laut dan juga daratan dan tak mungkin kerusakan itu dikembalikan dalam waktu sebentar. Sebab kerusakannya sangat parah. Contoh, Freeport telah merusakan alam dengan kubangan raksasa di Papua dan bahan kimia lainnya dan perusahaan-perusahaan lain sejenis! Apakah itu semua sudah dihentikan?! Rakyat tak butuh penghargaan dan tak makan penghargaan dari luar negeri. Yang mereka butuhkan adalah kemandirian ekonomi (tak perlu dikasih uang tunai bak pengemis) dan kesejahteraan!!

Masihkah SBY berjalan dengan tegak jika rakyat di luar negeri hanya menjadi TKW dan pulang tinggal nama? Masihkah ia tersenyum jika kejahatan korporasi terus didiamkan dan kemiskinan merejalela belum lagi hutang luar negeri yang telah diwariskannya?! Masihkah…

Nusantara, 22-11-2014

anak negeri

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s