boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Geng Motor, Polusi Sosial: Gagalnya Pemerintah dalam Peningkatan Pendidikan dan Menyejahterakan Rakyat Miskin

2 Comments

Image result for geng motor

Diberitakan media massa, seperti Pikiran Rakyat 4/11/2014 polisi menangkap beberapa anggota geng motor di wilayah Cirebon. Mereka bergerombol dan melukai bahkan membunuh siapa saja yang ditemui di jalan.

Geng motor yang banyak bermunculan di berbagai kota di Indonesia sebagai polusi sosial. Hal ini bersumber dari gagalnya dalam peningkatan pendidikan  dan ketrampilan serta kesejahteraan masyarakat. Kebanyakan geng motor adalah mereka yang berpendidikan minim dan masih relatif muda usia atau usia produktif. Mereka melakukan tindak kriminal dengan berperang sesama geng motor lain atau kadang mereka menyasar siapa saja yang ditemui, ketika malam. Ini tentu tak boleh dibiarkan. Kepolisian sudah mengantisipasi dan menangkap beberapa dari mereka.

Namun, itu hanya tindakan sementara. Korban aksi kekerasan mereka sudah banyak berjatuhan: meninggal dan ada yang luka berat. Penanganan yang lebih penting adalah mengetahui akar masalah ini, mengapa kelompok semacam itu muncul? Bagaimana solusi permanen adar mereka dan kelompok sejenis tak bermunculan atau muncul di lain tempat?!

Jika akar masalah mereka terungkap, maka mungkin akan lebih mudah mencari solusi permanen meminimalisasi atau menghilangkan kelompok semacam itu.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, bahwa rakyat miskin Indonesia mencapai, sekitar, 90 juta orang, bisa jadi lebih. Jika ukuran miskin menggunakan standar PBB yakni 2 dollar perhari. Ini bisa berarti pemerintah SBY telah gagal menyejahterakan rakyatnya dan tak sesuai dengan janji-janji selama masa sebelum dan ketika berkuasa! Yang kaya hanya kelompok kecildan  mereka yang memiliki modal serta dekat dengan kekuasaan.

Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya adalah sebagai pasar dengan penduduk yang berlimpah. Pasar bagi negara-negara industri. Namun, mereka bukan hanya dijadikan pasar tapi sekaligus sebagai tenaga kerja murah. Padahal produk-produk yang mereka kerjakan dijual di pasar dunia dengan harga ratusan dolar! (Lihat video John Pilger tentang Indonesia). Ketimpangan ini adalah akibat para pejabat dan elit negeri ini tak memiliki visi nasionalisme dalam pembangunan, sehingga dengan gampang mereka terjebak ke dalam pragmatisme!

Jadi masalah polusi sosial adalah dampak dari gagalnya pemerintah meningkatkan tarap pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Semoga pemimpin baru mampu berbuat lebih baik dan melunasi janji-janjinya ketika kampanye!

Indonesia, 4 Nopember 2014

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

2 thoughts on “Geng Motor, Polusi Sosial: Gagalnya Pemerintah dalam Peningkatan Pendidikan dan Menyejahterakan Rakyat Miskin

  1. Memang sangat memprihatinkan, diperlukan pendidikan moral / budi pekerti sesegera mungkin, peran orang tua sebagai orang paling juga sangat diperlukan dalam mendidik anak2 agar tdk terjerumus dlm pergaulan sesat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s