boykolot

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

The Tempe University of Indonesia

Leave a comment

Tempe mendoan – Purwokerto, Central Java

Dikisahkan seorang profesor wafat dan meninggalkan sebuah kitab yang disebut, “The Book of Tempe“. Seorang profesor gila yang kegilaannya terhadap pengembangan makanan tradisional Indonesia, khususnya tempe. Namun, kegilaannya tak menghilangkan rasionalitasnya dalam melihat perkembangan dunia, dunia di sekitarnya dan dunia lebih luas lagi.

Seorang muridnya tak sengaja menemukan kitab itu di sebuah perpustakaan tua milik sang profesor. Dengan buku itu ia terus bereksperimen dan ia terus melakukan eksplorasi berbagai hal mengenai tempe, mulai dari pemilihan bibit kedelai, tanah, cuaca, penanaman, sampai pengeringan ke pengolahan. Semuanya ia catat. ia semakin gila terhadap tempe. Bukan itu saja, ia bahkan menulis buku tentang makanan yang berbahan dasar tempe dan bagaimana menyajikannya.

Ia dikenal sebagai ahli tempe. Ia diundang untuk bicara dalam berbagai forum, mulai dari tingkat RT sampai nasional berbicara mengenai tempe.

Dari sanalah ia lalu bersama kawan-kawannya membangun Universitas Tempe, lengkap dengan perpustakaan, laboratorium dan berbagai hal mengenai tempe. Disediakan juga Mini Market yang menyediakan berbagai makanan terbuat dari tempe, di antaranya: kripik tempe, tempe bacem, semur tempe, bolu tempe, sop tempe, tempe bakar, tempe asap, tempe oreg, dsb.

Kata orang, tempe enak dibacem dan enak pula untuk teman ngopi, tempe goreng! Fried tempe is nice with a cup of coffee in the morning… imagination hehehe…

Advertisements

Author: boykolot

Learn to the best! Read, write and publist... media sharing about policy n politic ... (ngobrol politik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s